Tips untuk Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri di Universitas Terkemuka

Melanjutkan kuliah di luar negeri untuk jenjang perkuliahan S2 akan menjadi kesempatan yang sangat bermanfaat. Selain mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman hidup di luar negeri dengan disiplin lebih tinggi serta kebiasaan yang lebih positif. Namun tentu saja untuk mendapatkan kesempatan tersebut Anda memerlukan dana yang tak sedikit untuk membiayai perkuliahan, membayar tiket pesawat hingga kebutuhan biaya hidup. Bahkan banyak orang yang harus mengubur mimpinya karena masalah keterbatasan dana. Akan tetapi bagi Anda yang mau berusaha, kini ada banyak beasiswa luar negeri S2 yang bisa Anda gunakan untuk tetap bisa melanjutkan mimpi bersekolah pasca sarjana di negara lain.

Beasiswa untuk sekolah pasca sarjana di luar negeri kini banyak diberikan oleh pemerintah ataupun swasta. Hal ini ditujukan untuk memberikan pengalaman serta keahlian yang lebih tinggi bagi para pribadi Indonesia. Belajar di luar negeri juga akan membawa pengaruh positif terhadap pembentukan karakter yang diharapkan nantinya bisa ditularkan ke orang lain setelah pulang dari sana.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya di Kategori Beasiswa dan IELTS :

Masalah RSS: A feed could not be found at http://fitrah.web.ugm.ac.id/tag/idp/feed/. This does not appear to be a valid RSS or Atom feed.

Berbagai manfaat dan keuntungan memiliki beasiswa ke luar negeri ini harus Anda perjuangkan karena ada banyak pesaing yang juga menginginkan untuk memiliki beasiswa tersebut. Meski ada banyak yang dibagikan namun peminatnya tentu lebih banyak sehingga Anda perlu mempersiapkan dengan lebih baik.

Bagi Anda yang sangat ingin mendapatkan beasiswa (khususnya luar negeri), berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk lebih mempersiapkannya :

Belajar dengan lebih giat di universitas

Belajar di Universitas Islam Madinah. Credits : indonesiamengglobal.com

Beasiswa diberikan kepada mereka yang berprestasi atau lolos dengan nilai lebih baik dari pesaingnya sehingga kecerdasan, kepintaran dan keahlian menjadi modal yang tidak bisa digantikan. Karena itu pastikan Anda mempersiapkan diri sehingga layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut mengalahkan banyak orang sejak dari perkuliahan.

Pelajari bahasa asing

Tangkapan layar video Youtube Belajar bahasa inggris dengan Mr. Radja,15 Mei 2018. Credits : Youtube

Beasiswa luar negeri S2 hanya akan Anda dapatkan jika Anda menguasai bahasa asing yaitu bahasa inggris setidaknya dengan nilai minimal yang disetujui oleh penyedia beasiswa. Karena itu persiapkan diri dengan lebih dini seperti mengikuti kursus bahasa inggris, mencari teman dari negara lain untuk melatih kemampuan bicara, mendengarkan dan baca tulis dalam bahasa inggris.

Anda juga bisa mulai belajar menyelesaikan modul atau soal test IELTS atau TOEFL yang nantinya akan menjadi persyaratan untuk mendapatkan beasiswa.

Rekomendasi

Contoh surat rekomendasi beasiswa unggulan kemendikbud – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Credits : Slideshare

Beberapa beasiswa memerlukan rekomendasi yang dituliskan untuk Anda dari orang berpengaruh seperti tokoh masyarakat maupun atasan Anda. Rekomendasi tersebut menceritakan mengenai diri Anda dalam hal yang positif dan diharapkan untuk bisa mempengaruhi penyedia beasiswa untuk meluluskan Anda.

Jiwa pantang menyerah

Membangun Sikap Pantang Menyerah. Credits : suarapilardemokrasi.blogspot.com

Dalam memperebutkan beasiswa, gagal adalah hal yang biasa. Gagal dalam satu beasiswa unggulan bukan akhir dari segalanya karena Anda masih bisa mendaftar di beasiswa lainnya. yang paling penting adalah sifat pantang menyerah yang dimiliki sehingga sanggup bangun dan mencari alternatif beasiswa lain lagi untuk menjadi cara agar tetap bisa melanjutkan kuliah di luar negeri.

Wawancara

Simulasi wawancara yang dihadiri peserta workshop JARING “Jurnalisme Investigasi untuk Pengurangan Deforestasi”, di Gadog, Jawa Barat, Rabu (18/5). Credits : Jaring.id

Latihan wawancara dan mengungkapkan sisi positif dan negatif Anda dengan benar juga diperlukan untuk lolos test wawancara saat akan mendapatkan beasiswa.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda persiapkan dari jauh-jauh hari agar ketika dibutuhkan atau tiba saatnya Anda sudah bisa menampilkan yang terbaik untuk memperebutkan beasiswa luar negeri S2 idaman. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan kondisi tubuh termasuk membiasakan diri dengan kehidupan mandiri dan iklim di negara asing.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *